Runcloud, VPS control Panel sebagai alternative serverpilot

Runcloud, VPS control Panel sebagai alternative serverpilot

Sedang mencari control panel untuk vps sebagai alternative serverpilot yang udah berbayar ?

Beberapa waktu lalu saya dapat info tentang sebuah service atau layanan yang menyediakan control panel untuk virtual private server atau VPS dengan nama Runcloud.

Sayapun langsung subscribe, dan oleh karena itu kali ini saya akan sedikit mengulas tentang vps control panel dari runcloud ini.

Runcloud VPS control Panel sebagai alternative serverpilot

Runcloud VPS control Panel sebagai alternative serverpilot

 

Provider : RUNCLOUD
Website : runcloud.io (link affiliate)
Negara Asal : Malaysia.
Package & Pricing : – FREE:Gratis selamanya, lisensi satu server dengan fitur terbatas tapi sudah cukup untuk menjalankan wbesite di vps.
– BASIC:$8/bulan, lisensi satu server dengan fitur penuh.
– PRO:$15/bulan, lisensi unlimited server dengan fitur penuh
BUSSINES:$45/bulan, lisensi unlimited server dengan fitur penuh plus fitur tambahan.

Runcloud sendiri berbetuk SAAS atau software as service, yang artinya segala keperluan untuk mengatur VPS, seperti tambah domain, ngatur SSL, nambah database dan lain-lain, berada di website runcloud dan Anda harus login ke website runcloud.

Berikut Review singkat Saya mengenai VPS control panel runcloud:

1. Easy Instalation

Instalasi runcloud di vps bener bener mudah, tidak perlu repot repot menghapal atau mengingat atau mencopas banyak command untuk melakukan proses instalasi webserver dan library-library yang di butuhkan.

Dokumentasi atau petunjuk instalasi runcloud di vps pun cukup simple dan mudah di pahami.

Hanya dengan sekali copypaste kode instalasi di command line VPS maka webserver beserta librarinya yang di butuhkan oleh sebuah vps untuk menjalankan sebuah website akan di install otomatis.

2. One Click Setup

Nambah domain, nambah web application, setup SSL, install script seperti wordpress, jomlaa dan lain lain, gonta ganti versi php (runcloud hanya menyediakan php versi 7.0 keatas ) hanya dengan beberapa klik tanpa perlu masuk ke command line dan mengingat ingat command command yang di perlukan.

Ganti IP VPS, transfer VPS, Banned atau Unbanned IP semua dapat di lakukan melalui interface runcloud yang simple dan mudah.

3. Developer friendly

Di runcloud sudah terintegrasi langsung dengan GIT yang memudahkan para developer untuk mengitegrasikan project dengan server GIT seperti GitHub, Bitbucket, GitLab atau server GIT pribadi.

4. Webserver Stack

Runcloud support native nginx dan nginx + apache hibrid webserver dan dengan control panel dari runcloud, dalam satu server VPS anda dapat menjalankan website dengan berbeda beda webserver, satu web menggunakan native nginx sedangkan yang lain menggunakan nginx + apache hibrid.

Berbeda dengan beberapa control panel lain yang satu server VPS hanya dapat menjalankan satu webserver saja.

5. PHP version per web application

Dengan menggunakan control panel runcloud anda dapat menjalankan berbeda beda versi PHP untuk setiap aplikasi website walaupun dalam satu server VPS.

Tidak seperti beberapa control panel lain yang jika satu server hanya bisa menjalankan satu versi PHP.

Mirip control panel yang umumnya di gunakan oleh layanan hosting yaitu cpanel.

6. Cronjob manager

Seperti di control panel “cpanel”, runcloud support cronjob manager dangan interface yang mudah pake banget.

7. Builtin server monitoring and notification

Di runcloud terdapat fitur untuk memonitor kondisi server dan ada fitur notifikasi melalui slack dan telegram yang akan memberikan notifikasi tentang kondisi server, maupun perubahan perubahan yang terjadi di server secara realtime.

8. No phpmyadmin.

Untuk urusan database control panel runcloud menggunakan mariaDB dan untuk create databsenya pun cukup mudah menggunakan interface yang simple seperti di control panel populer “cpanel” yang tersedia di provider hosting pada umunya.

Akan tetapi runcloud tidak menyediakan interface untuk melihat data di databasenya seperti phpmyadmin, jadi anda harus menginstallnya sendiri.

Alternativenya anda dapat menggunakan software HeidiSQL, software semacam winscp atau filezilla tapi ini khusus untuk memanage databse secara remote, ntuk koneksinya pun menggunakan SSH.

9. Not friendly on VPS with small Memory and small Disk

Hasil test saya menggunakan paket $5 perbulan di Digital ocean yang dapat ram 1GB dan disk 25GB, baru aja selesai install control panel runcloud, ram sudah terpakai 30% lebih dan disk sudah terpakai 4GB lebih.

Ketika di tambah install wordpress, ram atau memory langsung naik dan trus berada di angka 50% lebih padahal belum ada visitor.

10. Free 30GB backup storage

Yap anda dapat storage gratis seebsar 30GB untuk tempat menyimpan file backup akan tetapi per proses backup ada di kenakan biaya sebesar $0.03/hari per instance.

11. Fast respon support

Menurut saya respon supportnya terbilang cukup cepat, saya tiga kali ngirim tiket ke technical supportnya dan selalu di balas di bawah 5 menit.

Mungkin juga karena pas di jam kerja, karena mungkin jam kerja mereka di malaysia tidak berbeda jauh dengan jam kerja indonesia.

12. Faster website

Entah ini cuma perasaan saya aja atau memang kenyataanya begitu.
Untuk hasil lebih jelas silahkan di test masing masing.

Hasil testing saya menggunakan cms wordpress dengan theme yang sama, plugin yang sama, pengaturan yang sama dan isi artikel atau content yang sama plek, saya duplikat websitenya.

Ini hasilnya:

  1. VPS Digital Ocean, spek : paket $5/mo, RAM 1GB, Disk 25GB, OS Centos 6/64, Panel Vesta CP, webserver nginx+apache hibrid, PHP 7.2, cuma ada satu website, lokasi singapura.
    Result :
    gtmetrix.com : loaded speed 3.0s
    testmysite.thinkwithgoogle.com: loaded speed 5.0s
  2. VPS Google Cloud, spek: paket $30.38/mo , RAM 3,7 GB, Disk 10GB, OS Centos 6/64, panel VPSSIM, webserver nginx, PHP 7.0, total ada 2 website, lokasi singapura.
    Result :
    gtmetrix.com : loaded speed 3.0s
    testmysite.thinkwithgoogle.com: loaded speed 5.0s
  3. VPS Digital Ocean, spek : paket $5/mo, RAM 1GB, Disk 25GB, OS Ubuntu 18.0/64, Panel Runcloud, webserver native nginx, PHP 7.0, cuma ada satu website, lokasi singapura.
    Result :
    gtmetrix.com : loaded speed 2,5s
    testmysite.thinkwithgoogle.com: loaded speed 3.0s

Kesimpulan :

  • Kalau kamu seorang web developer yang lebih penting fokus ke pengembangan website dari pada ngurusin server, runcloud cocok buat kamu.
  • Kalau kamu seorang blogger dengan banyak website dan vps yang lebih penting fokus dengan isi atau content websitenya dari pada ngurusin server, runcloud cocok buat kamu
  • Kalau kamu blogger pemula yang budget masih minim yg sewa vps dengan spek minim pula maka runcloud kurang pas buat kamu.
  • Kalau kamu seorang Imers yang lebih penting ngurus promosi dari pada buang buang waktu ngurus server, runcloud cocok buat kamu.
  • Kalau kamu seorang yang banyak waktu dan suka ngoprek operk server biar website secepat kilat maka runcloud kurang pas buat kamu.

 

Demikian semoga bermanfaat.

Subscribe To Our Newsletter
Mau emailmu di kirim sesuatu dari saya ? subscribe sekarang !

Komentar Anda !