Plugin SEO WordPress Terbaik untuk mengoptimasi Website Anda pada Pencarian Google

Bagi pemilik website, mendapatkan pengunjung organik atau dari search engine seperti Google atau Bing adalah sebuah keharusan. Terutama untuk website-website bisnis atau jualan, baik itu jualan produk maupun jasa. Untuk itu agar website memiliki pengunjung organik perlu di lakukan optimasi, sehingga website dapat merangking di halaman depan mesin pencarian google. Dengan begitu pengunjung akan dengan mudah menemukan website Anda.
You can’t just ‘SEO’ your website and be done. It’s a forever moving goal post. Stoney deGeyte
Ada banyak cara melakukan optimasi SEO di website Anda. Di artikel ini saya tidak akan membahas bagaimana strategi melakukan optimasi SEO. Akan tetapi hanya sedikit mengulas tentang plugin SEO, sebuah plugin WordPress yang dapat di gunakan untuk membantu melakukan optimasi SEO di website WordPress Anda. Plugin SEO WordPress terbaik yang akan saya ulas pada artikel ini adalah plugin yang memiliki jumlah pengguna dan rating yang paling tinggi, di antara plugin seo lainnya.

Plugin Seo Terbaik dan Populer yang Banyak di Gunakan (Yoast dan AIO Seo)

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang plugin Yoast SEO dan All in One SEO Pack, mari kita mundur selangkah. Apa yang bisa dilakukan oleh plugin SEO di website WordPress Anda? Pada dasarnya, baik plugin Yoast dan All in One SEO atau plugin SEO lainnya adalah menambahkan hal-hal atau fungsi yang terlihat sederhana, akan tetapi akan rumit jika di kerjakan secara manual. Di antara fungsi-fungsi yang secara umum terdapat dalam plugin SEO adalah:
  • Membuat XML Sitemaps
  • Mengedit file robots.txt
  • Menulis Meta Deskripsi
  • Membuat Judul Postingan secara SEO
  • Membantu Integrasi dengan Sosial Media

Akan tetapi hal yang perlu Anda perhatikan betul betul adalah bahwa setelah menginstall plugin SEO dan melakukan konfigurasinya. Tidak serta merta membuat website Anda akan langsung berada di halaman depan mesin pencarian atau search engine dan mendapatkan banyak pengunjung.

Menggunakan plugin SEO hanya sebagai pendukung saja, agar kita tidak perlu melakukan secara manual dan buang buang waktu untuk hal hal yang sifatnya umum dalam hal optimasi seo. Seperti membuat sitemap, integrasi dengan sosial media, set meta keyword, titel, deskripsi dan lain lain.

1. Yoast

Plugin SEO WordPress Terbaik

Plugin SEO WordPress Terbaik untuk mengoptimasi Website Anda pada Pencarian Google

Yoast Seo merupakan salah satu plugin SEO WordPress terbaik, hal ini terbukti dengan plugin ini memiliki jumlah pengguna terbanyak di antara plugin-plugin seo lainnya. Dukungan fitur fiturnya pun cukup komplit. Dan di antara fitur fitur unggulannya yang tidak terdapat di plugin seo lainnya adalah:
  • Keyword Density
  • Focus Keyword Appearance in SEO Title
  • Outbound Links
  • Inbound Links
  • Readability Scores
  • Meta Descriptions
  • Word Count
Ada 2 versi plugin Yoast yaitu versi Gratis dan versi premium, Tapi untuk versi gratisnya pun sudah lebih dari cukup untuk membantu optimasi SEO di website wordpress. Dan jika Anda memerlukan konfigurasi SEO secara lebih optimal, bisa mempertimbangkan untuk membeli versi premium Dukungan supportnya juga cukup bagus, hal ini terbukti dengan seringnya pengembang plugin Yoast melakukan update.

2. AIO Seo ( All In One )

Plugin SEO WordPress Terbaik

Plugin SEO WordPress Terbaik untuk mengoptimasi Website Anda pada Pencarian Google

AIO Seo ( All In One ) adalah plugin SEO WordPress terbaik selanjutnya yang memiliki jumlah pengguna terbanyak kedua setelah Yoast seo. Dari sisi fitur, AIO seo memang tidak selengkap Yoast akan tetapi sudah cukup untuk mempermudah optimasi SEO di website. Akan tetapi dari sisi kemudahan konfigurasi, AIO Seo lebih unggul, terutama pada bagian integrasi dengan social media, di dalamnya ada fitur debuging facebook langsung di dalam dashboard WordPress nya.

Kesimpulan

Perdebatan mengenai mana plugin seo WordPress yang terbaik di antara Yoast dan Aio Seo merupakan perdebatan yang selalu muncul tanpa akhir. Terutama bagi pengguna baru yang akan sedikit bingung untuk menentukan plugin seo mana yang akan di gunakan. Saya sendiri menggunakan keduanya. Tidak dalam 1 website ada 2 plugin seo, akan tetapi satu website menggunakan yoast seperti di dalam website ini dan website lain menggunakan AIO. Kalau di lihat dari sisi fitur Yoast adalah pemenangnya, karena memiliki fitur yang lebih kumplit di bandingkan AIO Seo. Akan tetapi dalam hal penggunaan, AIO Seo lebih simple di banding Yoast. Akan tetapi itu semua tergantung dari pengguna lebih nyaman menggunakan yang mana. Karena secara fungsi kedua duanya memiliki fungsi yang sama.
  • Jika Anda mencari plugin SEO yang juga dapat membantu Anda membuat konten yang SEO friendly maka Yoast adalah pilihan yang tepat.
  • Akan tetapi jika Anda hanya memerlukan plugin SEO yang sedikit simple dan hanya memerlukan beberapa fitur SEO saja, maka AIO mungkin adalah pilihan yang pas Untuk Anda.

Perbandingan Antara Yoast dan AIO

Baik Yoast dan AIO memiliki kualitas yang sangat baik dan diperkaya fitur yang kapabel membuat situs WordPress Anda bekerja maksimal. Tidak mengherankan jika keduanya berada pada pilihan teratas plugin SEO dengan jumlah pengguna paling banyak. Apakah hal tersebut membuat keduanya sama saja? Tentu tidak, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya. Berikut adalah beberapa perbandingan antara keduanya dari berbagai fitur dan kegunaan.
  • Operasi SEO Dalam mengoperasikan plugin seperti melakukan pengaturan maupun operasi lainnya, Yoast dan AIO sama-sama memiliki fitur pengaturan yang baik. Akan tetapi Yoast sedikit lebih unggul karena memiliki fitur-fitur yang bekerja lebih baik, di antaranya content analysis, focus keyword, dan SEO scoring.
  • Tools dan Fitur Variasi dan jumlah tools serta fitur merupakan alasan terkuat kenapa Yoast dan Aio Seo memiliki banyak pengguna aktif. Keduanya diperlengkapi dengan beragam fitur tambahan yang cukup komplit untuk keperluan optimasi seo. Dengan demikian, dalam hal tools dan fitur keduanya sama-sama kuat.
  • Addon dan Support Untuk meningkatkan kualitas dan mengoptimalkan website Anda ke tingkat yang lebih advance, fitur gratisnya saja tidak cukup.Untuk fitur berbayar, AIO unggul. Keunggulan AIO disebabkan biaya lisensi single AIO dapat digunakan untuk situs dengan jumlah yang tidak terbatas (unlimited). Di sisi lain, Lisensi Yoast untuk (penambahan) banyak situs menjadi semakin mahal, meskipun biaya untuk satu situs lebih murah ketimbang AIO.
Semoga bermanfaat.
Subscribe To Our Newsletter
Mau dapat info-info seru dari saya ? Subscribe sekarang !

Tinggalkan Balasan !