Memasang facebook customer chat di website

Memasang facebook customer chat di website

Bagi Anda pemilik website website jasa/layanan atau website toko online, menambahkan fitur chat yang memudahkan pengunjung atau calon customer menghubungi Anda adalah sebuah keharusan.

Karena hal tersebut dapat memperbesar terjadinya transaksi atau bahasa kerennya “closing”.

Ada banyak tool atau layanan pihak ketiga yang dapat di gunakan untuk menambahkan layanan chat di dalam website Anda, seperti tawk.to, purechat, dan lain lain.

Saat ini facebook juga mengeluarkan layanan serupa yang di beri nama facebook customer chat, yang langsung terkoneksi ke fanspage messenger ( menggunakan fanspage sebagai admin), meski masih dalah tahap beta ( saat artikel ini di tulis ) akan tetapi sudah dapat di gunakan.

Jika layanan chat facebook sebelumnya hanya sebuah button chat yang ketika di klik akan redirect ke messenger, kali ini layanan chat facebook langsung berada di website layaknya layanan-layanan chat lainya.

Untuk penjelasan lengkapnya Anda dapat merujuk ke halaman penjelasan tentang facebook customer chat ini di sini.

Gimana cara masang facebook customer chat di website ? ikuti langkah di bawah ini.

1. Gunakan SSL atau HTTPS di website.

Seperti syarat dan ketentuan yang di berikan oleh facebook di halaman penjelasan tentang facebook customer chat ini maka website Anda harus https, jika ingin menggunakan layanan chat facebook.

Jika website Anda belum menggunakan ssl, Anda dapat menggunakan layanan ssl/https gratis dari lets encrypt, yang umumnya sudah tersedia di dalam pengaturan panel hosting, Anda hanya perlu melakukan setting saja.

Walaupun sebenrnya website tanpa ssl/https sekalipun tetap dapat menggunakan layanan ini

2. Buat facebook app

Nah facebook developer app ini di perlukan agar script facebook customer chat dapat bekerja.

Cara buatnya pun cukup mudah silahkan googling untuk tutorial pembuatan facebook app, banyak sekali tutorialnya baik berupa video di youtube maupun tulisan.

Yang terpenting di menu pengaturan facebook appnya sertakan domain, email dan url domain website Anda yang akan di pasang facebook customer chat seperti gambar di bawah ini.

 

3. Whitelisted domain di fanspage.

Tambahkan url domain website Anda yang akan di pasang facebook customer chat tadi ke dalam whitelisted domain di pengaturan fanspage yang akan di jadikan admin chatnya.

Silahkan menuju ke pengaturan fanspage Anda kemudian klik menu pengaturan -> Platform Messenger -> scroll ke bawah ->Whitelisted Domains -> Input url lengkap website Anda yang akan di pasang facebook customer chat kemudian klik save.

4. Pasang kode facebook customer chat di website.

Langkah terakhir menambahkan kode facebook customer chat ke dalam website Anda.

Jika Anda menggunakan platform wordpress ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan facebook customer chat ke dalam website wordpress Anda.

  1. Menggunakan plugin.
    Install plugin berikut customer chat for facebook  , Aktifkan dan lakukan setup di pluginnya.
  2. Tanpa Plugin.
    Anda dapat mengcopy kode facebook customer chat di bawah ini ke dalam template/theme wordpress yang Anda gunakan. Letakan kode ke dalam file footer sebelum tag Body ( </body> ).
    Atau Anda dapat meletakan kode facebook customer chat ini ke dalam widget html jika khawatir akan menyebabkan error saat melakukan edit themenya.

Jika Anda menggunakan platform blogger atau blogspot, copy kode di bawah ini dan letakan ke dalam widget blogger dengan cara -> Tata Letak -> Tambah Gadget -> pastekan kodenya ke dalam kolom textarea konten -> klik Simpan.

Jika website Anda selain platform wordpress dan blogger silahkan di sesuaikan dan letakan kode di bagian html sebelum tag </body>.

Jangan lupa Sesuikan APP ID dengan ID facebook developer app yang tadi Anda buat. Sesuaikan FANSPAGE ID dengan ID fanspage Anda, jika Anda tidak mengeteahuinya bisa menggunakan layanan facebook id finder.

<script>
 window.fbAsyncInit = function() {
 FB.init({
 appId : 'APP ID',
 autoLogAppEvents : true,
 xfbml : true,
 version : 'v2.11'
 });
 };

(function(d, s, id){
 var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
 if (d.getElementById(id)) {return;}
 js = d.createElement(s); js.id = id;
 js.src = "https://connect.facebook.net/id_ID/sdk.js";
 fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
 }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
 </script>

<div class="fb-customerchat"
 page_id="FANSPAGE ID"
 ref="website"
 minimized="false">
 </div>

Demikian semoga bermanfaat.

Komentar Anda !